Uji Coba Setahun BPP-BIT : Ikan Tokek Memangsa Benih dan Telur Ikan

JURNALTIME, SOPPENG– Terkait kurangnya ikan yang didapat nelayang di di Danau Tempe, kini terungkap kalau ikan tokek atau ikan sapu-sapu ternyata bisa memangsa benih dan telur-telur ikan nila (kamboja).


Dengan uji coba yang dilakukan Balai Pembenihan dan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar (BPP-BIT) Ompo Kabupaten Soppeng. 


Itu dilakukan selama satu tahun membuktikan bahwa ikan tokek memangsa benih dan telur ikan Kamboja.ungkap Andi Ongkeng.27/11/18.


“Keluhan nelayang di Danau Tempe dan palawang diwilayah Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, terkait dengan ikan tokek yang terus memangsa benih ikan itu sudah kami uji coba selama setahun ini. 


“Dari uji coba tersebut, terbukti bahwa ikan tokek memang bisa memangsa benih dan telur-telur ikan hal ini terlihat ketika seekor ikan tokek dari danau tempe, kami masukkan ke dalam kolam bersama dengan beberapa benih ikan, ternyata habis tak tersisa dimangsa oleh ikan tokek tersebut” tuturnya.


“Uji coba pun tidak hanya dilakukan sekali, beberapa kali dilakukan hasilnya tetap sama bahkan Ikan tokeknya berkembang” ungkapnya


Bahkan ditambahkan A.Ongkeng, pernah juga dilakukan uji coba memasukkan indukan ikan yang akan bertelur bersamaan ikan tokek kedalam satu kolam yang sama tetap terlihat ikan nila tersebut tidak berkembang biak.


Dan itu kami lakukan selama setahun ini bahkan kami mengeluarkan sebahagian ikan tokeknya tetap anakannya tidak ada.


Dari hasil uji coba ini, Kepala UPTD BPPBIT ini pun membenarkan kemungkinan adanya perubahan karakter dari ikan yang dikenal hanya memakan lumut ini.


“Akan tetapi kita tidak tahu jika sudah masuk ekositem seperti danau, mungkin ada perubahan karakter dari ikan ini, dan uji coba kita sudah bisa membuktikan itu” pungkasnya.


“Dan uji coba, tetap kami laksanakan sampai beberapa tahun ini di  BPP-BIT Ompo Kabupaten Soppeng”,tuturnya.(i.as/m.yu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *