Bupati Soppeng Bersama Rektor UIM, Panen Jagung Variates Provit A1(UIM)

JURNALTIME.co.id SOPPENG- Bupati Soppeng H.A.kaswadi Razak,SE bersama Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr. Majdah M.Zain,M.Si  melakukan panen jagung  barista provit A1 (UIM) kerjasama Pemerintah Kabupaten Soppeng dengan Universitas Islam Makassar di demplot jagung sintetik di tanabellangge Desa Lalabata Riaja Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng, Kamis  11/6/2020.

Panitia pelaksana Ir.H.Yasin   dalam laporannya mengatakan penangkaran jagung seluas kurang lebih 25 are ini dapat berhasil kita panen, jagung ini merupakan istilahnya jagung sintetik. Jagung itu, terbagi dua berdasarkan pembentukannya yaitu jagun bersari bebas dan jagung hibrida, jagung bersari bebas dikenal open poneletik Varietas , jagung ini terbagi atas dua lagi yaitu jagung berasari bebas komposit dan sintetik.

Kita kembangkan saat ini yaitu jagung sintetik, induknya bukan dua, ada enam induknya, produktifitasnya tidak kalah dengan jagung hibrida.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, dalam sambutannya mengatakan kami yakin dengan keihklasan kita semua tentu bagaimana disektor perkebunan khususnya budidaya jagung,
kita berharap bahwa pengembangan jagung ini,  tidak hanya sampai di sini.

Kita tetap optimis di masa-masa mendatang penangkaran pengembagan jagung ini tetap berjalan terus.

Berbicara tentang perkebunan walaupun kita liat soppeng tanahnya tandus, tapi kalau ditanami subur, walaupun daerah kita kecil tapi hasilnya bisa sama daerah lain.

Pandemi Corona bukan halangan bagi kita untuk beraktifitas, apalagi sektor pertanian, harus jalan terus.

Sementara Rektor UIM Dr. Majdah M Zain, dalam sambutannya mengatakan salah satu bisnis yang masih bertahan di masa pandemi ini adalah pertanian.
jagung varietas provit sintetik ini telah dikembangkan di beberapa daerah, termasuk di Bangkalan di pulau Madura, dan hari ini di Kabupaten Soppeng terbukti juga berhasil, jagung ini tidak kalah dengan jagung hibrida.

Tinggal bagaimana kita ini membuat istilahnya untuk memperkenalkan brandnya kemasyarakat.

Kadis tanaman pangan dan holtikultura provinsi Sulawesi Selatan Sulsel dalam sambutannya mengatakan yang bisa menumbuhkan sektor perekonimian di masa pandemi ini adalah sektor pertanian.

sektor pertanian tidak boleh berhenti harus jalan terus, budidaya jagung ini agar terus dikembangkan.

ditempat yang sama,  juga dilakukan penandatanagan kesepahaman antara Pemkab Soppeng dengan UIM Makassar dalam pengembangan tanaman jagun oleh Bupati Soppeng dengan Rektor UIM Makassar.

Acara turut dihadiri civitas akademik UIM Makassar, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Soppeng, Camat Donri-Donri, Kades Lalabata Riaja, Koordinator BPP se-Soppeng, Para POPT, ketua KTNA kab.Soppeng, KTNA Kecamatan se-Soppeng, serta para Kelompok Tani se-Kabupaten Soppeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *