Dorong Digitalisasi Desa, Diskominfo dan DPMDPPA Sidrap Gelar Pertemuan

JURNALTIME.co.id SIDRAP- Dinas Kominfo dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDPPA) Kabupaten Sidrap mengadakan pertemuan dengan para camat dan kepala desa.

Pertemuan berlangsung di Aula Kompleks SKPD Sidrap, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Senin (1/2/2021).

Pertemuan membahas mengenai pengembangan program digitalisasi desa di Kabupaten Sidrap.

Kepala DPMDPPA Sidrap, Abbas Aras mengatakan, salah satu program prioritas yang diatur dalam Permendesa PDTT Nomor 13 tahun 2020 adalah digitalisasi desa.

“Digitalisasi desa akan meningkatkan dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat, sekaligus kegiatan pemerintahan menjadi lebih maksimal,” kata Abbas.

Abbas juga menyampaikan respon positif dengan program pemanfaatan teknologi informasi komunikasi desa oleh Dinas Kominfo Sidrap, yang akan mendukung digitalisasi desa.

Sementara Kadis Kominfo Sidrap, Bachtiar menjelaskan, hal pokok dalam program digitalisasi desa adalah pengadaan akses internet. Salah satu upaya menfasilitasi pengadaan akses tersebut dengan bekerja sama dengan pihak ketiga.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadirkan PT Indonesia Comnets Plus (Icon+), anak perusahan PT PLN selaku pihak penyedia. Sebagai gambaran, perusahaan ini menyediakan akses internet melalui sambungan kabel yang terpasang di tiang listrik PLN.

“Kami akan kirim surat kepada para kepala desa berisi informasi dan penawaran dari Icon+ ini. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan berkoordinasi dengan Kami,” ujar Bachtiar.

Ia juga mengungkap, tidak masalah jika terdapat desa yang telah menjalin kerja sama dengan pihak ketiga yang lain.

“Silakan jalan, sambil tetap mengevaluasi kerja sama tersebut. Intinya Kami mendorong akses internet bagi desa,” tandas Bachtiar.(win/id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *