Dua Kelompok Tani di Marioriawa, Melaksanakan Pengendalian Hama Tikus

JURNALTIME.co.id SOPPENG- Dua Kelompok Tani di Desa Laringgi Kematan Marioriawa Kabupaten Soppeng, melaksanakan pengendalian hama tikus dengan cara menggunakan gabah (padi) dicapur Petrokum lalu disimpan didalam bambu lalu diletakkan.

Koordinator PPL Marioriawa Syarifuddin katakan kalau racun tikus Petrokum merupakan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng.

Dalam rangka menekan jumlah serangan hama tikus pada tanaman padi Kelompok tani Lampulajeng I dan Lampujaleng II, untuk musim tanam Oktober-Maret, ungkap Syarifuddin.

Sementara kadis TPHPKP Kabupaten Soppeng Ir. Fajar saat dikonfirmasi (9/3/2021), mengatakan bahwa, Kecamatan Marioriawa termasuk daerah endemik tikus.

Hal ini dipicu karena, pola tanam tidak teratur sehingga selalu tersedia makanan untuk tikus dan dekat dari danau tempe sehingga ketika air danau meningkat tikus mengungsi ke daerah yang Lebih tinggi.

Selanjutnya kadis mengharapkan agar petani membangun kebersamaan mitra kelompok maupun antar kelompok karena efektifitas pengendalian tikus jauh lebih baik kalau dilakukan secara bersama dalam satu hamparan, tegas Fajar.(m.yu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *