Anggota DPR RI Hasnah Syam Bagikan Makanan Tambahan Bagi Bumil dan Anak Stunting

JURNALTIME.co.id BARRU —  Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Partai Nasdem drg. Hj. Hasnah Syam MARS., melakukan kunjungan di Puskesmas Doi Doi dan sekaligus memberikan bantuan makanan tambahan secara simbolis bagi ibu hamil (Bumil) dan anak yang mengalami kekurangan gizi (Stunting). Pembagian makanan tambahan itu digelar di Gedung PKG Doi Doi, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Senin Sore (19/4).

Hasnah Syam yang juga selaku Ketua TP PKK Kabupaten Barru, mengatakan bahwa, status gizi buruk pada ibu hamil dan bayi merupakan faktor utama yang menyebabkan anak balita mengalami stunting. Ada banyak sekali hal-hal yang dapat memicu terjadinya gizi buruk ini.

“Kami di Komisi IX DPR RI bermitra dengan Kementerian Kesehatan RI untuk menyalurkan bantuan ini ke daerah pemilihan jadi betapa pentingnya sebagai wakil rakyat untuk memberikan perhatian bagi masyarakat,” kata Hasnah Syam yang tak lain adalah Istri Bupati Barru Suardi Saleh.

Dalam kesempatan ini, Hasnah Syam membagikan makanan tambahan kepada Ibu Hamil sesuai data dari Puskesmas Doi Doi sebanyak 36 orang dan Puskesmas Pujananting sebanyak 30 orang ibu hamil, sedangkan untuk anak yang mengalami stunting di dua Puskesmas tersebut sebanyak 90 orang.

“Bantuan ini adalah asupan gizi tambahan untuk ibu hamil dan balita. Asupan gizi ini penting, untuk menghindari terjadinya stunting khususnya di Kabupaten Barru,” ucap Hasnah Syam.

Legislator senayan yang juga Bunda Paud Barru ini menjelaskan bahwa, dirinya selaku anggota Komisi IX DPR RI yang menangani masalah kesehatan khususnya dalam menurunkan stunting dan menurunkan angka kematian ibu hamil. Dengan adanya makanan tambahan ini diharapkan para ibu dan calon bayinya bisa menjadi sehat.

“Alhamdulillah bantuan ini adalah yang kesekian kalinya, mudah mudahan dikabupaten lain pembagian makanan tambahan dapat kami lakukan namun saat ini kami prioritaskan di kabupaten Barru,” sebut Hasnah Syam dihadapan para Ibu Hamil.

Hasnah Syam juga Berharap kepada para Kepala Puskesmas agar para ibu hamil yang dibagikan makanan tambahan ini dapat terus dipantau dengan baik, apakah berat badannya naik atau menurun. Menurutnya, perlu untuk diawasi anak anak sejak lahir karena menjadi generasi penerus bangsa.

“Makanan tambahan ini sangat penting Sehingga anak balita dan bayi yang masih dalam kandungan mendapat asupan gizi yang cukup,” ujar Hj. Hasnah Syam.

Selain itu, Anggota DPR RI Hasnah Syam mengatakan, ibu hamil sangat perlu diberi asupan gizi, supaya saat lahir bayinya sehat dan bisa bertumbuh dengan baik, juga menjadi anak yang cerdas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Amis mengucapkan banyak terimakasih dan perhatian atas bantuan yang diberikan.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini, dengan bantuan ini kami berharap semoga pencegahan terjadinya Stunting di Kabupaten Barru bisa lebih optimal,” ungkap dr. Amis.

Pembagian makanan tambahan bagi ibu hamil dan anak stunting oleh Anggota Komisi IX DPR RI Hasnah Syam turut dihadiri oleh Plt. Camat Pujananting Abd Rahman Spd. Mpd., Kapolsek Pujananting AKP Sulaeman, Kepala Puskesmas Doi Doi Arifuddin SKM Mkes dan Kapus pujananting H. Arifuddin Arif S.Kep. Mers. M.Adm.Kes.(asr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *