Kakan Kemenag Soppeng Memberi Materi, Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

JURNALTIME.co.id SOPPENG- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng H. Fitriadi, S.Ag.,M.Ag hadir sebagai pembicara pada kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama yang dilaksanakan oleh Kodim 1423 Soppeng, Senin (16/8/21).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Makodim 1423 itu mengusung tema “mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaam kerukunan umat beragama demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”.

Dalam pemaparannya, Kakan Kemenag Kabupaten Soppeng H.Fitriadi mengungkapkan konsep Tri Kerukunan yang digulirkan pemerintah yaitu Kerukunan Antar Umat Beragama, Kerukunan Intern Umat Beragama, serta Kerukunan Antar Umat Beragama dan Pemerintah.

Fitriadi menyebutkan, sejak masa pemerintahan kolonial Belanda di Kabupaten Soppeng sudah terdapat kemajemukan Agama yang sampai saat ini tidak pernah terjadi konflik. Hal itu menurut Kakan Kemenag berkat kerjasama Pemerintah Daerah dengan semua elemen masyarakat sehingga isu isu negatif terkait SARA bisa diredam.

“Jika konsep Tri Kerukunan tersebut kita aplikasikan dan tanamkan di dalam jiwa, maka insya Allah daerah kita ini akan tetap aman dan kondusif” pungkasnya.

Danramil 1423-04/Liliriaja Kapten Inf Irfan Nasir mewakili Dandim 1423 mengajak seluruh peserta untuk menciptakan kerukunan umat beragama. Menurutnya, umat beragama dan pemerintah harus melakukan upaya bersama dalam memelihara kerukunan umat beragama.

“Kerukunan umat beragama merupakan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, menghormati, menghargai dalam kesetaraan” ujarnya.

Selain Kakan Kemenag, kegiatan ini juga dihadiri seluruh Pejabat Eselon IV Kemenag Soppeng, Anggota FKUB, jajaran Dinas Pendidikan, Imam Masjid, Ormas dan Tokoh Pemuda. (AFR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *