Satgas Preemtif Ops Zebra 2022 Polres Pasangkayu Melakukan Sosialisasi dan Edukasi Kepada Anak Pakai Sepeda Listrik Scooter

JURNALTIME.co.id PASANGKAYU- Satgas Preemtif Ops Zebra 2022 Polres Pasangkayu melakukan sosialisasi dan edukasi, kepada anak yang mengendarai sepeda listrik scooter di area bundaran Smart, depan kantor Bupati Pasangkayu, jalan Trans Sulawesi Selasa (11/10/22).

Anggota polres memberikan teguran kepada anak dan juga orang tua yang telah membiarkan anaknya mengendarai sepeda listrik dijalan raya.

Kabag Ops Polres Pasangkayu AKP Pandu Arief Setiawan S.H, S.I.K melalui Kasatgas Preemtif Ops Zebra Marano 2022 AIPDA Sarjono mengatakan kegiatan edukasi ini akan terus di laksanakan, terkhusus memberikan teguran kepada anak – anak yang menggunakan sepeda listrik di jalan raya.

“kami juga informasikan bahwa penggunaan sepeda Listrik di jalan Raya sangat berisiko dan bisa menyebabkan fatalitas kecelakaan” tegasnya.

Untuk keselamatan di jalan raya tersebut sudah diatur dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor 45 tahun 2020 tentang kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak listrik.

“Selain itu dalam peraturan tersebut usia pengguna paling rendah berumur 12 tahun. Bahkan bagi pengguna motor listrik yang berusia 12 tahun sampai dengan 15 tahun, harus didampingi oleh orang dewasa serta wajib menggunakan helm” tegas AIPDA Sarjono.

Ia menambahkan para pemilik sepeda atau scooter listrik untuk tidak melakukan modifikasi pada kecepatan motor, Pada Permenhub telah diatur untuk scooter dan sepeda listrik kecepatan maksimal 25 kilometer perjam.

“Kami himbau agar bijak dan pahami aturan itu, Ini untuk keselamatan pengguna sepeda listrik itu sendiri, maupun pengguna jalan lainnya, edukasi ini disampaikan baik terhadap anak-anak maupun orang dewasa agar tidak menggunakan kendaraan listrik di Jalan raya”.

“Mari kita bersama sama memberikan pemahaman yang benar untuk keselamatan anak-anak kita di jalan raya” tutupnya, (Hend)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *