Gedung Balai Rakyat Desa Letawa di Bongkar, Ini Kata Dr.Hasan Muhammad

JURNALTIME.co.id PASANGKAYU- Gedung Balai Rakyat Desa Letawa, Kecamatan Sarjo, Kabupaten Pasangkayu, yang baru berusia lima tahun kini telah dibongkar.

Dari informasi yang dihimpun, Gedung Balai Rakyat yang dibongkar itu dibangun pada tahun 2017 yang dananya bersumber dari Kementrian Desa, dengan estimasi anggaran Rp 69.590.000.

Dr. Hasan Muhammad, M.Si selaku ketua Laboratorium Desa di dua provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah yang bekerja sama dengan Universitas Tadulako (UNTAD) Palu.

Saat dihubungi melalui via telepon, Ia mengatakan dari seluruh Indonesia itu hanya ada beberapa desa saja yang kita prakarsai untuk Gedung Balai Rakyat dan untuk Wilayah Sulawesi Barat, itu hanya Desa Letawa yang dapat Gedung Balai Rakyat dari Kementrian, jelas Dr. Hasan.

Informasi yang kami dengar, itu lokasi diklaim miliknya mantan Desa Letawa (Najamuddin),

Itukan menurut dia (Najamuddin), tapi kalau menurut kami, dari dana yang ada Rp 69.590.000, itulah yang dia pakai untuk beli lahan tersebut, sisanya untuk bangunan, dan perencanaan pembangunannya setengah beton, sisanya papan (setengah permanen) karna itu balai pertemuan (Balai Rakyat), ucap Dr. Hasan.

Dari papan proyek dijelaskan estimasi total anggaran Rp 69.590.000 (enampuluh sembilan juta lima ratus sembilan puluh ribu rupiah), tahap awal Rp 25.555.000 dan tahap lanjutan Rp 44.035.000.

“Waktu itu kami bertanya, bisakah dengan dana senilai 69 juta lebih untuk bangun Gedung Balai Rakyat, mereka menjawab “oh iya nanti kita atur”, makanya kita kasi dana tersebut, dan itu ada tanda terima” jelasnya.

Salah satu tokoh masyarakat Mas’ud mengatakan terkait Gedung Balai Rakyat yang dibongkar, itu merupakan suatu pengrusakan kepada barang negara, ucapnya.

“Semua barang yang pada saat dinyatakan milik desa yang sudah ditandatangani oleh kepala desa tersebut maka itu dinyatakan sah milik Negara” tegas Mas’ud, (Hend).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *