Forkopimda Kabupaten Barru Rapat Persiapan Pelaksanaan Idul Adha 1442 H

JURNALTIME.co.id BARRU — Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, memimpin Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait persiapan pelaksanaan Idul Adha 1442 H. Tahun 2021 tingkat Kabupaten Barru di ruang kerja Bupati, Jumat 16/7/2021.

Dalam pertemuan terbatas tersebut, Forkopimda disepakati pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan  di tempat ibadah (masjid, mushallah atau tempat ibadah lainnya) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Meskipun hari raya idul adha tidak seramai idul fitri, yang biasanya sebelum idul fitri para keluarga yang bekerja diluar daerah pulang kampung, namun kondisi kita di Kabupaten Barru semakin hari semakin meningkat kasus  yang terkonfirmasi Covid-19 sehingga tetap diperlukan kehati hatian.

Oleh karena itu, pelaksanaan Idul Adha dilaksanakan dengan membentuk tim pengawasan yang di koordinir oleh Pemda Kabupaten Barru, yang melibatkan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Camat, Lurah/Desa dan Pengurus masjid/mushallah yang dibantu oleh TNI dan Polri.

Sebelum pelaksanaan sholat Idul Adha perlu ada tim untuk memberikan pendekatan/edukasi  kepada masyarakat yang sementara  menjalani isolasi mandiri dan kurang sehat agar tidak ikut melaksanakan sholat idul adha di masjid/mushallah.

Selain itu,  ada beberapa tugas Tim nantinya antara lain, menyampaikan kepada jamaah agar memakai masker, mengatur jarak dalam masjid/mushallah, tidak bersalaman pada saat selesai sholat idul adha.

Disamping itu panitia masjid diharapkan menyiapkan handsanitizer atau sabun dan tempat cuci tangan dan   menyiapkan masker.

Salah satu point penting dalam keputusan rapat tersebut adalah,  Setiap tempat ibadah akan dibuatkan surat pernyataan tentang pelaksanaan sholat idul adha

Kemudian, dalam pelaksanaan sholat Idul Adha, batas waktu khutbah maksimal lima belas menit, begitu juga bacaan surat dalam sholat idul adha di harapkan bacaan surat yang tidak panjang.

Hadir dalam rapat ini, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, Kapolres Barru AKBP Liliek Tribhawono, S.IK, Dandim 1405 Parepare Letkol. CZI. Arianto Wibowo, Kajari Barru  Ardi Suryanto, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Barru, Rony Widodo, SH, MH, Sekretaris Pengadilan Agama Salmiati, SH, MH, Ketua DPRD Lukman T, Sekda Barru Dr. Abustan, M.Si. (Humas Barru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *