Tanpa Papan Proyek, Warga Soroti Pembangunan Box Culvert di Desa Ompi

Jurnaltime.co.id PASANGKAYU – Pengerjaan Box Culvert menuai sorotan oleh beberapa warga setempat.

Pasalnya, Box Culvert yang dikerjakan tidak terlihat adanya papan proyek yang terpasang di lokasi.

Diketahui, Box Culvert berada di Dusun Bulu Hera, Desa Ompi, Kecamatan Bulu Taba, Kabupaten Pasangkayu.

Diduga proyek ini berlangsung tanpa sosialisasi bahkan tanpa papan nama proyek, sehingga menjadi perhatian publik serta awak media.

Tidak terpasangnya papan proyek di seputaran pengerjaan Box Culvert, sehingga mengundang perhatian masyarakat, dimana tidak adanya papan informasi yang menyebut anggaran, lama pekerjaan, hingga jenis pekerjaan yang direalisasikan.

Tentu ini menjadi pertanyaan masyarakat, proyek ini darimana, siapa kontraktor pelaksana, serta berapa nilai pekerjaannya.

Pekerjaan proyek yang sedang di kerjakan ini sudah berjalan sekitar 3 pekan dan tanpa ada papan proyek bahkan di lokasi tidak di temukan pengawas dan consultantnya.

Proyek yang di kerjakan tanpa menggunakan papan nama, itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran, dan sumber anggarannya, ucap salah seorang warga yang enggang disebut namanya, sabtu (7/10/2023).

“Kami tidak tahu proyek ini anggarannya berapa, dan sampai kapan serta dikerjakan siapa. Karena tidak ada papan nama proyek yang dipasang di lokasi pengerjaan pagar ini.

Untuk diketahui, pelaksanaan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya.

Juga tidak sesusai dengan semangat transparansi yang dituangkan pemerintah dalam Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

Hingga berita ini terbit, belum ada konfirmasi dari pihak terkait.

Penulis : Andi Hendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *